Diabetes Mellitus Dapat Disembuhkan?

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Kamis, 14 Juni 2012 | 04.27

Diabetes Melitus merupakan suatu penyakit di mana kadar glucosa di dalam darah tinggi karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara cukup. Kurang lebih 30% penderita Diabetes Mellitus disebabkan karena faktor genetik, dan 70% lainnya disebabkan faktor psikis, pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi, serta over weight.
Dari hasil survey, 80% orang terkena Diabetes Mellitus meninggal dunia karena penyempitan pembuluh darah di jantung, dan lebih dari 75% meninggal karena komplikasi. Aktivitas fisik yang kurang dapat menyebabkan LDL tinggi, kadar gula darah tinggi dan tidak bagus juga untuk kesehatan jantung, hal ini menyebabkan homo diabeticus.
Gangguan toleransi gula pra diabetes, dapat terjadi jika kadar gula darah sewaktu 150-180 mg/dl. Hal ini disebabakan karena kelainan reseptor insulin jumlahnya berkurang di otot rangka, akibat terhalang oleh sel-sel lemak sehingga hormon insulin tidak dapat masuk sel akibatnya gula tidak dapat masuk sel dan sel menjadi cepat rusak terutama sel-sel pembuluh darah. Jika hal ini berlangsung 5-10 tahun lagi dapat menyebabkan Diabetes Mellitus type 2. Yang berbakat terkena Diabetes Mellitus yaitu: orang tua yang diabetes, melahirkan bayi > 4,5 kg, gula darah puasa 100-125 mg/dl dan gula darah sewaktu 140-199 mg/dl.
Tentunya Bapak dan Ibu menginginkan hidup yang lebih sehat, karena Diabetes Mellitus tidak dapat sembuh, tetapi Diabetes Mellitus dapat dikendalikan dengan perencanaan makanan,  Olahraga yang rutin dan minum obat Diabetes Mellitus bila perlu.

0 komentar:

Posting Komentar