Guru Tulis

Tips Mengikis Perut Pasca Melahirkan

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Minggu, 17 Juni 2012 | 02.11

Tips mengecilkan perut pasca melahirkan, tentunya dibutuhkan para ibu yang selalu memperhatikan perubahan tubuhnya. Pasca melahirkan, terkadang wanita mengeluhkan tubuh terutama di bagian perut yang menjadi semakin besar. Berbagai macam cara biasanya dilakukan agar tubuh bisa ramping kembali atau setidaknya kembali ke berat badan yang ideal. Untuk mengecilkan perut pasca melahirkan memang diperlukan waktu dan kesabaran. Ketelatenan Anda pun menjadi salah satu penentu.


    Sebagai orang Indonesia, tidak sedikit masyarakat kita yang menggunakan jamu-jamuan untuk mengembalikan bentuk tubuh menjai ideal. Tidak hanya itu, jamu juga diketahui baik untuk menjaga kesehatan. Selain dari bahan alami, jamu juga bisa diracik sendiri sesuai selera.
    Seperti beras kencur yang dipercaya dapat mengatasi perut atau rahim yang kendur. Ibu-ibu yang berasal dari Jawa, biasanya rajin meminum ramuan jamu seperti beras kencur pasca melahirkan untuk mengembalikan tubuhnya seperti sebelum hamil. Anda yang suka jamu, tentu bisa mencoba resep turun temurun ini.

    Khasiat lain dari beras kencur, dapat membantu Anda untuk meminimalisir terjadinya infeksi dalam kandungan. Beras kencur ini dapat Anda buat sendiri. Cukup dengan menyediakan 3 sendok makan beras, sepotong besar jahe, kunyit, gula jawa secukupnya, asam jawa 1 sendok makan, jeruk nipis 1 butir, garam dan daun pandan.

    Untuk membuatnya, Anda cukup merendam beras selama 3 jam. Kemudian gula, kunyit, asam jawa, jahe, dan daun pandan direbus dengan menggunakan tiga gelas air. Setelah direbus, kencur, jahe dan kunyit digiling dengan beras. Kemudian tuangkan air rebusan ke dalam hasil gilingan tersebut. Saring menggunakan dengan kain bersih. Agar lebih segar, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan memberi garam secukupnya. Jika Anda suka manis, bisa menambahkan gula pasir.

    Namun bagi Anda yang tidak menyukai jamu-jamuan, Anda bisa mencoba berolahraga secara rutin. Untuk tips yang satu ini tentu diperlukan keinginan kuat dari Anda untuk melakukannya. Olahraga yang baik untuk mengecilkan perut diantaranya adalah sit up. Anda bisa melakukannya rutin setiap pagi. Olahraga ini bisa membantu Anda untuk membakar lemak di perut.

    Nafsu makan boleh tinggi, tapi usahakan agar Anda tidak makan malam di atas pukul 7 malam. Hal tersebut untuk mengurangi penumpukan kalori berlebih saat menjelang tidur. Perbanyak minum air putih dan kurangi konsumsi makanan berlemak serta gorengan. Tips mengecilkan perut pasca melahirkan ini akan maksimal jika Anda lakukan secara teratur dan rutin. Selamat mencoba.

sumber ; melindahospital.com

0 komentar:

Posting Komentar