Wah.. Psoriasis Memperpendek Usia?

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Jumat, 15 Juni 2012 | 07.42

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang umum, ditandai dengan munculnya bercak merah dan sisik pada kulit. Hingga sekarang belum ada obatnya. Tanda ini dapat muncul di bagian tubuh manapun dan biasanya diatasi dengan pengobatan steroid atau perwatan menggunakan sinar ultraviolet.
Penyakit yang mencakup disfungsi imunitas ini diyakini turut dipengaruhi faktor keturunan. Selain itu dikaitkan dengan depresi, kebiasaan merokok, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, juga terkait beberapa penyakit lain seperti obesitas, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Psoriasis tidak hanya berpengaruh pada penampilan, namun juga bisa berpengaruh terhadap panjang pendeknya usia seseorang. Demikian seperti yang dilaporkan sebuah penelitian dalam Archives of Dermatology.
Psoriasis diperkirakan memperpendek usia penderitanya hingga sebesar 5% atau lebih dari 3 tahun bagi pria, dan lebih dari 4 tahun untuk wanita. Kira-kira sebanding dengan para penderita hipertensi akut, ujar asisten profesor ilmu dermatologi di Universitas of Pennsylvania Schoool of Medicine, Joel Gelfand.

Penyakit ini lebih dari sekedar menodai kulit. Psoriasis sebuah penyakit imunologi yang berdampak besar bagi kesehatan serta kondisi seseorang yang telah mengidap penyakit ini selama puluhan tahun. Gelfand menduga kematian dini pada para penderita psoriasis ada hubungannya dengan disfungsi imunitas atau peradangan.
Sebaiknya para penderita selalu rutin memonitor kesehatannya dan menjalankan gaya hidup sehat.

0 komentar:

Posting Komentar