Guru Tulis

Wah,, Ternyata Virus Hepatitis Lebih Menular Ketimbang HIV

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Minggu, 17 Juni 2012 | 01.56

Banyak orang sudah mengetahui bahwa virus hepatitis dapat menyebar melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi atau berbagi jarum suntik bekas pakai. Namun penyakit yang menyerang hati ini juga dapat menyebar melalui kontak seksual, demikian dilansirWebMD.

Mari kita cek apa kaitan antara kontak seksual dan hepatitis agar Anda dapat melindungi diri dari penyakit mematikan ini

Ada berapa jenis virus hepatitis ini? Para ilmuwan telah mengidentifikasi ada 8 jenis virus hepatitis. Di AS, yang menjadi ancaman utama adalah hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Dapatkah semua jenis virus itu menyebar melalui kontak seksual?Hepatitis A, B, dan C semuanya dapat ditularkan melalui kontak seksual, meskipun transmisi seksual untuk hepatitis C kurang umum.

Hepatitis A menyebar melalui kontak fecal-oral,  yang bisa terjadi jika ada kontak langsung mulut dengan anus atau kontak dengan jari atau obyek yang berada di atau dekat anus dari seseorang yang terinfeksi. Bahkan jika feses dalam jumlah sangat kecil yang mengandung virus terkontak dengan mulut, infeksi tetap bisa terjadi.

Hepatitis B menyebar melalui darah, semen (mani), cairan vagina dan cairan tubuh lainnya dari seseorang yang terinfeksi virus tersebut. Virus hepatitis B 50-100 kali lebih menular dibandingkan HIV, sebuah virus penyebab AIDS, dan mudah ditularkan melalui hubungan seksual.

Hepatitis C disebarkan melalui kontak dengan darah seseorang yang terinfeksi, yang terjadi  kemungkinan karena luka di area genital atau haid.

Apakah laki-laki dan perempuan peluangnya sama menyebarkan hepatitis melalui kontak seksual? Risiko ditentukan oleh perilaku seseorang, bukan berdasar jenis kelamin. Pria yang aktif secara seksual dengan laki-laki (homoseksual) memiliki kemungkinan tertular/menularkan virus hepatitis B sebanyak 10-15 kali lebih tinggi dibandingkan populasi umum.

Virus hepatitis umum berjangkit pada orang yang berasal dari daerah endemik penyakit, termasuk  Asia, Sub-Sahara Afrika, Eropa Timur dan Timur Tengah. Infeksi juga umum terjadi pada mereka yang menggunakan obat suntik atau hirup. Orang-orang yang memiliki tato atau tindik juga lebih mudah terinfeksi virus hepatitis sebab jarum yang digunakan untuk mendekorasi tubuh kadang-kadang terkontaminasi virus ini.

Namun tentu saja bukan karena seseorang masuk dalam kelompok di atas serta merta dia terinfeksi, atau sebaliknya.

Sumber : go4healthylife.com

0 komentar:

Posting Komentar