Guru Tulis

Apa Itu Sindroma Dispepsia, Bagai Mana Cara Mengatasinya?

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Jumat, 15 Juni 2012 | 08.24

Pengertian dispepsia adalah rasa nyeri atau perasaan tidak nyaman pada perut bagian atas. Keluhan yang timbul adalah rasa nyeri pada ulu hati, mual, kembung, muntah, dan cepat kenyang. Terdapat berbagai jenis dispepsia. Berdasarkan golongannya, dispepsia dibedakan menjadi dispepsia organik dan dispepsia fungional. Dikatakan sebagai dispepsia organik, jika keluhan yang timbul disebabkan karena kelainan organ tubuh seperti tukak lambung, usus dua belas jari, radang pankreas, radang empedu, dan sebagainya. Selain itu, obat-obatan rematik, beberapa antibiotik, penyakit diabetes melitus, dan penyakit jantung juga dapat menimbulkan dispepsia organik. Sedangakan dispepsia fungsional berupa keluhan dispepsia yang telah berlangsung beberapa minggu tanpa didapat kelainan atau gangguan struktural organ tubuh berdasarkan pemeriksaan klinis, laboratorium, radiologi, dan endoskopi.

Namun dalam kenyataan, sering ditemukannya dispepsia tanpa kelainan sistematik yang mendasarinya (dispepsia fungsional). Untuk memudahkan observasi dan penatalaksanaan dispepsia fungsional dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu :
* Dispepsia mirip ulkus (luka/ tukak). Gejala utamanya adalah nyeri pada ulu hati.
* Dispepsia mirip dismotilitas. Gejala utamanya adalah kembung, mual, dan cepat sekali merasa kenyang.
* Dispepsia non spesifik, gejala utamanya tidak jelas masuk ke dalam kelompok pertama dan kedua.
Untuk mengetahui penyebab dari penyakit dispepsia, dilakukan dengan cara melakukan wawancara (anamnesia) secara teliti dan terarah, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan laboratorium (endoskopi / teropong saluran cerna) jika diperlukan. Cara menangani dispepsia organik harus dilakukan dengan menangani penyebab utamanya. Jika penyebab utamanya adalah tukak lambung, maka obat yang dapat menyembuhkannya adalah obat yang menekan produksi asam lambung. Jika penyebabnya adalah rematik, maka penderita dispepsia harus menghentikan penggunaan obat tersebut, demikian seterusnya. Sedangkan untuk dispepsia fungsional, terapi yang diberikan dokter biasanya berhubungan dengan keadaan yang diduga sebagai pencetus keluhan. Misalnya saja, jika penyebabnya adalah makanan, maka penderita dianjurkan untuk menghindari jenis makanan tersebut. Pola makan dengan diet porsi kecil tapi sering, atau makan teratur dan tidak terburu-buru, makanan rendah lemak (terutama asam lemak jenuh), menghindari makanan lainnya (seperti kopi, alkohol, pedas, terlalu asam, dan lain sebagainya) akan banyak mengurangi gejala. Umumnya dokter akan memberikan obat golongan antasida, antisekresi asam lambung, dan golongan prokinetik. Namun kadangkala juga dibutuhkan psikoterapi pada penderita dispepsia fungsional karena tidak jarang keluhan yang muncul berhubungan dengan faktor kejiwaan seperti cemas dan depresi.

0 komentar:

Posting Komentar