Guru Tulis

Perawatan Kulit Untuk Struktur dan Tipe Berbeda

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Kamis, 12 Juli 2012 | 01.41

Kulit terdiri dari lapisan pelindung sel yang didukung oleh saraf, kelenjar dan pembuluh darah. Kulit Anda hidup dan bernafas. Sel akan bergerak terus ke permukaan di mana mereka disimpan dan diganti. Lapisan paling atas dilindungi oleh minyak tubuh dan pelembab alami. Jadi, sangat penting memahami kulit Anda dan merencanakan perawatan yang tepat demi terciptanya kulit yang cantik.
Jenis Dasar Kulit
Jenis dasar kulit diklasifikasikan ke dalam lima kategori: Normal, kering, berminyak, kombinasi dan sensitive.
Kulit Normal
Anda memiliki keseimbangan sempurna dari minyal dan pelembab alami yang membuat kulit lembut dan lentur. Kulit normal adalah aset berharga dan harus dipelihara, sebab akan berubah jika diabaikan. Perhatikan jika terjadi perubahan pada kulit, dan langsung segera ditangani.
Perawatan kulit
·         Perluas perawatan kulit sampai garis rahang
·         Manjakan leher Anda dengan banyak krim
Kulit Berminyak
Sebuah jenis kulit yang baik tetapi membutuhkan penanganan yang sedikit lembut. Jenis kulit ini memiliki banyak kelenjar minyak aktif yang bisa memperbesar peluang pori-pori terbuka. Pori-pori yang besar akan menyebabkan terjadinya komedo, noda dan jerawat. Munculnya komedo ini akibat tersumbatnya pori-pori oleh kotoran yang tidak langsung dibersihkan.
Perawatan kulit
·         Harus selalu melakukan deep cleansing
·         Hindari penggunaan bahan yang dapat menghilangkan fungsi alami minyak dan pelembab
Kulit Kering
Kulit kering merupakan jenis kulit yang sensitive dan kerap diikuti dengan munculnya bercak, cenderung mudah mengelupas dan terasa kencang setelah mandi. Kulit kering membutuhkan pelembab dan pelumas. Kurangnya pelembab pada jenis kulit ini akan tampak di sekitar mata, mulut, bibir, sisi mulut dan dahi. Kulit kering juga memiliki kelemahan lain. Garis-garis halus dan keriput muncul lebih cepat sehingga membuat Anda terlihat lebih tua sebelum waktunya. Kulit kering sangat rentan terhadap diet, cuaca ekstrim dan produk perawatan kulit yang kasar.
Perawatan kulit
·         Cleansing, toning hingga pelembab tidak bisa dipisahkan dari jenis kulit ini. Setiap gesekan pada kulit kering bisa menyebabkan gatal
·         Hindari penggunaan produk perawatan kulit yang kasar
·         Butuh pemantauan berkala
Kulit kombinasi
Sesuai dengan namanya, jenis kulit ini merupakan kombinasi dua tipe kulit berbeda di dalam satu wajah. Namun jenis kulit ini lebih sering akibat kulit yang jarang dibersihkan dan terabaikan. Hal ini mudah dikenali karena lapisan berminyak di bawah panel T yaitu dahi, hidung dan dagu.
Perawatan Kulit
·         Kulit kombinasi butuh pembersihan dengan teliti.
·         Menggunakan masker wajah untuk kulit berminya di bawah panel T dan masker untuk kulit kering di area lain di wajah
·         Metode perawatan untuk kulit kombinasi sangat baik untuk menyeimbangkan dan menghasilkan kulit yang lebih bagus
Kulit Sensitif
Jenis kulit ini samgat halus dan rentan terhadap bintik-bintik gatal dan bercak. Dermatitis dan alergi yang disebabkan oleh bahan kimia pada kosmetik merupakan masalah utama dari kulit sensitif.
Perawatan kulit
·         Cara terbaik adalah dengan menghentikan penggunaan produk kosmetik yang kasar dan kuat
·         Hindari penggunaan krim dan pelembab yang wangi

0 komentar:

Posting Komentar