Jumlah Air putih yang Harus Diminum Dalam Sehari

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Kamis, 12 Juli 2012 | 00.54

Setiap hari Anda akan kehilangan cairan tubuh melalui keringat, menghembuskan napas, buang air kecil dan buang air besar. Agar tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik, Anda harus mengganti air dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung air. Jadi berapa banyak air, atau lebih tepatnya cairan yang Anda butuhkan?
Ini bukan pertanyaan yang mudah untuk dijawab. Asupan cairan harian orang dewasa yang sehat sangat bervariasi. Kebanyakan orang minum cairan untuk memuaskan dahaga dan untuk memasok kebutuhan air.Setidaknya tiga pendekatan estimasi asupan total air untuk orang dewasa yang tinggal di daerah beriklim sedang.
Penggantian pendekatan dengan makanan
Output urin rata-rata untuk orang dewasa adalah 1,5 liter sehari. Anda akan kehilangan 1 liter air dalam tubuh untuk pernapasan, keringat dan buang air besar. Makanan biasanya menyumbangkan 20 persen dari asupan cairan Anda, sehingga jika Anda mengkonsumsi 2 liter air atau minuman lainnya dalam sehari (kurang lebih 8 gelas), Anda dapat mengganti cairan yang hilang.
Delapan gelas air sehari
Pendekatan lain untuk asupan air adalah “8 x 8 aturan” – minum delapan 8 gelas air sehari (sekitar 1,9 liter). Aturan juga bisa dinyatakan, “minumlah delapan 8 gelas cairan sehari,” karena semua cairan dihitung terhadap total harian. Meskipun pendekatan ini tidak didukung oleh bukti ilmiah, banyak orang menggunakan aturan dasar sebagai pedoman berapa banyak air dan cairan lainnya untuk diminum.
Diet yang direkomendasikan
Institute of Medicine merekomendasikan bahwa pria mengkonsumsi 3 liter (13 gelas) dari jumlah minuman sehari dan perempuan mengkonsumsi 2,2 liter (sekitar 9 gelas) dari jumlah minuman sehari. Pedoman ini didasarkan pada survei pangan nasional yang dinilai rata-rata in take cairan masyarakat.
Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah menerapkan hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan air yang cukup dalam sehari?

0 komentar:

Posting Komentar