Olahraga Untuk Kesehatan Tulang Anda

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Kamis, 12 Juli 2012 | 01.57

Pada berbagai rentang usia, olahraga berperan pentingdalam memperkecil resiko osteoporosis. Olahraga juga bermanfaat meningkatkan kesehatan tulang, kekuatan otot, koordinasi dan menciptakan keseimbangan serta dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.
Mengapa Olahraga?
Seperti otot, tulang adalah jaringan hidup yang akan memberikan respon dan butuh olahraga atau latihan agar tulang menjadi lebih kuat. Wanita dan laki-laki berusia muda yang berolahraga secara teratur umumnya mampu mencapai puncak massa tulang (kepadatan dan kekuatan tulang maksimum) daripada mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali.
Bagi kebanyakan orang, puncak massa tulang akan terjadi selama tiga dekade atau direntang usia 30 an. Setelah itu, secara perlahan namun pasti, tingkat kepadatan tulang akan segera berkurang. Dengan berolahraga secara teratur, pengeroposan pada tulang akan bisa dihindari. Olahraga membantu mencegah terjadinya osteoporosis yang bisa menyebabkan terjadinya patah tulang.
Olahraga Terbaik Untuk Tulang
Olahraga terbaik untuk tulang adalah olahraga dengan jenis weight-bearing atau yang memaksa Anda untuk bekerja melawan gravitasi. Beberapa contoh olahragaweight-bearing termasuk latihan beban, berjalan, hiking, jogging, turun-naik tangga, tenis, dan bahkan menari. Sementara contoh latihan yang tidak mengoptimalkan beban adalah renang dan bersepeda. Meskipun jenis olahraga ini sangat membantu untuk membangun dan menjaga otot yang kuat serta memiliki manfaat kardiovaskular yang sangat baik, mereka bukan cara terbaik untuk melatih tulang Anda.
Tips Olahraga
Jika Anda memiliki masalah kesehatan seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, atau obesitas atau jika Anda berusia 40 atau lebih, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum Anda memulai program olahraga secara teratur.??Dengarkan tubuh Anda. Ketika memulai latihan rutin, Anda mungkin akan mendapatkan sedikit nyeri otot dan merasa tidak nyaman. Rasa yang mengganggu tersebut seharusnya tidak berlangsung lebih dari 48 jam.
Namun jika Anda masih merasakannya, bisa jadi Anda berlatih terlalu keras dan perlu sedikit santai. Hentikan olahraga jika Anda merasakan nyeri di dada dan temui dokter sebelum Anda memulai sesi berikutnya.??Jika Anda menderita osteoporosis, jangan lupa untuk mengkonsultasikan kepada dokter ahli dan tanyakan jenis olahraga yang aman untuk Anda. Jika Anda memiliki massa tulang yang rendah, para ahli merekomendasikan Anda untuk melindungi tulang belakang dengan menghindari jenis olahraga yang akan menekuk tulang tersebut. Anda juga harus menghindari olahraga beresiko tinggi untuk mencegah tulang patah.
Sebaiknya, Anda juga berkonsultasi dengan trainer spesialis untuk mempelajari jenis olahraga yang tepat, bagaimana cara meregangkan dan memperkuat otot secara aman, dan bagaimana memperbaiki sikap tubuh saat berolahraga. Pastikan apakah trainer tersebut akrab dan terbiasa dengan penderita osteoporosis.
Program Lengkap Osteoporosis
Ingat, olahraga hanya satu bagian atau salah satu program perawatan dari pencegahan osteoporosis. Lengkapi program tersebut dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. Tapi latihan dan diet yang tepat bisa jadi tidak cukup untuk mencegah pengeroposan tulang yang disebabkan oleh kondisi medis, menopause, atau gaya hidup seperti penggunaan tembakau dan konsumsi alkohol yang berlebihan.
Maka, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda tentang kesehatan tulang Anda. Diskusikan apakah Anda bisa melakukan tes kepadatan tulang. Jika Anda didiagnosa memiliki massa tulang yang rendah, tanyakan apa obat bisa membantu untuk membuat tulang kuat.

0 komentar:

Posting Komentar