Guru Tulis

Cegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Kamis, 12 Juli 2012 | 01.34

Bibir kering dan pecah-pecah memang menjengkelkan. Selain merusak estetika bibir, bibir kering dan pecah-pecah juga akan mengganggu Anda berkomunikasi atau bahkan menyantap hidangan favorit Anda karena rasa perih yang tak tertahankan. Berikut kiat tepat untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.
Jangan Menjilat Bibir
Banyak orang melakukan hal ini saat bibir mereka terasa kering. Padahal hal tersebut jelas salah dan tidak disarankan. Air liur akan menguap dengan cepat dari bibir sehingga bibir akan kembali kering. Bahkan menjilat bibir justru akan semakin membuat kering bibir karena ikut menguapkan kelembaban yang ada didalamnya.
Gunakan Lip Balm 
Lip balm jelas merupakan syarat mutlak untuk mencegah bibir kering. Jangan pernah tinggalkan lip balm untuk melembabkan bibir Anda. Kemanapun Anda pergi, siapkanlah selalu lipbalm untuk berjaga-jaga sewaktu bibir Anda terasa kering. Pelembab bibir yang paling baik adalah yang mengandung beeswax, shea butter serta SPF khususnya bagi Anda yang tinggal di daerah tropis. Hal ini akan melindungi bibir dari paparan sinar matahari.
Ritual Sebelum Tidur
Biasanya orang akan membersihkan wajah dan menggosok gigi sebelum tidur. Namun bagi Anda yang memiliki kecenderungan bibir kering dan pecah-pecah, ada baiknya menggunakan pelembab sebelum tidur. Sebelumnya jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkan biir dengan menggunakan air hangat. Hal ini membantu menghilangkan kulit mati penyebab bibir pecah-pecah.
Minum Air Putih
Tidak dapat dipungkiri bahwa air putih merupakan asupan sehat untuk tubuh termasuk untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan mengkonsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh yakni sekitar 2-3 liter per hari. Bibir kering juga merupakan sinyal alami bahwa tubuh kekurangan cairan.

0 komentar:

Posting Komentar