Guru Tulis

Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Tubuh

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Kamis, 12 Juli 2012 | 00.40

Vitamin B Kompleks adalah sekelompok vitamin yang memainkan peran penting dalam metabolisme sel tubuh. Setiap bagian yang terkandung di dalam vitamin B Kompleks memberikan manfaat penting bagi tubuh untuk tetap berada dalam kondisi yang sehat.
Vitamin B Kompleks merupakan vitamin yang larut dalam air dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari asupan makanan yang dikonsumsi. Ciri khas dari vitamin yang satu ini juga bahwa mereka tidak dapat disimpan secara baik di dalam tubuh. Oleh sebab itu, asupan secara rutin sangat dianjurkan supaya tubuh kita tidak kekurangan vitamin B Kompleks.
Berikut ini adalah 8 unsur utama pembentuk vitamin B Kompleks, dan fungsi yang dikandung dari masing-masing unsur tersebut :
·         Vitamin B1 (Thiamine) : berfungsi membantu sel tubuh menghasilkan energi, kesehatan jantung, serta metabolisme karbohidrat.
·         Vitamin B2 (Riboflavin) : berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker, mencegah migrain, serta katarak.
·         Vitamin B3 (Niacin), bermanfaat untuk melepaskan energi dari zat-zat nutrien, membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi, dan gangguan pada persendian.
·         Vitamin B5 (Asam Panthothenate) : membantu sistem saraf dan metabolisme, mengurangi alergi, kelelahan, dan migrain. Penting bagi aktivitas kelenjar adrenal, terutama dalam proses pembentukan hormon.
·         Vitamin B6 (Pyridoxine) : membantu produksi sel darah merah dan meringankan gejala hipertensi (darah tinggi), asma, serta PMS.
·         Vitamin B7 (Biotin) : bermanfaat dalam proses pelepasan energi dari karbohidrat, pembentukan kuku, serta rambut.
·         Vitamin B9 (Asam Folic) : membantu perkembangan janin, pengobatan anemia, dan pembentukan hemoglobin.
·         Vitamin B12 (Cobalamine) : membantu merawat sistem saraf dan pembentukan sel darah merah.
Setelah kita mengetahui beberapa unsur yang terkandung di dalam vitamin B Kompleks, sekarang mari kita pahami bagaimana manfaat vitamin tersebut bagi tubuh. Tentu saja, asupan yang disarankan untuk mengkonsumsi vitamin B Kompleks ini bervariasi menurut jenis kelamin, berat badan, dan usia seseorang. Oleh sebab itu, penting sekali mengkonsultasikan hal ini dengan dokter atau pakar kesehatan untuk mengetahui sejauh apa Anda membutuhkan asupan vitamin B Kompleks.
Berdasarkan penelitian, vitamin B Kompleks sangat berguna membantu mengatasi gejala kelelahan dan stres. Kecukupan vitamin B Kompleks dapat membantu mencegah kelambatan pertumbuhan, anemia, gangguan penglihatan, kerusakan saraf, dan gangguan jantung. Bahkan, asupan yang cukup akan vitamin B Kompleks ini juga digunakan pada beberapa produk perawatan kulit dan perawatan rambut.
Untuk mendapatkan asupan vitamin B Kompleks yang cukup, Anda sebaiknya mulai mengkonsumsi secara rutin makanan-makanan seperti roti, padi-padian, buncis, hati, daging, ikan, telur, dan susu. Tak hanya itu, jika Anda ingin praktis, saat ini sudah banyak toko-toko obat yang menjual suplemen vitamin B Kompleks. Tapi tetap, ada baiknya Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan pakar kesehatan sebelum mengkonsumsinya.

0 komentar:

Posting Komentar