Guru Tulis

Kebiasaan Sederhana Cegah Rambut Rontok

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Kamis, 12 Juli 2012 | 00.57

Rambut rontok memang menyebalkan. Selain merusak keindahan rambut, kerontokan rambut yang dibiarkan bukan tidak mungkin menyebabkan kejadian yang lebih fatal seperti kebotakan. Apalagi baik pria maupun wanita, rambut merupakan mahkota diri yang harus dijaga keindahannya. Menjaga keindahan rambut bukan perkara mudah, namun bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Beberapa kebiasaan kecil dapat membantu menjaga keindahan rambut dan mencegah kerontokan.
Kesehatan rambut berawal dari asupan nutrisi yang disuplai. Dalam hal ini adalah makanan sehat. Ya, makanan sehat jelas menjadi syarat utama rambut indah. Penuhi nutrisi rambut dari makanan-makanan sehat mengandung zat besi dan seng. Konsumsi juga sayur dan buah segar yang membantu melembabkan rambut agar tidak mudah rontok.
Untuk wanita, biasakan untuk ‘bebaskan’ rambut Anda dari ikatan yang melelahkan. Mengikat rambut sepanjang hari akan membuat rambut Anda tersiksa dan mengganggu jalannya nutrsi pada rambut. Lepaskan ikatan rambut beberapa saat. Biarkan rambut Anda ‘bernapas’ agar terhindar dari tarikan rambut yang membuat rambut Anda menjadi rapuh.
Saat keramas, pijatlah kulit kepala Anda dengan lembut. Hal ini akan membantu memperlancar aliran nutrisi ke rambut. Ingat, kulit kepala adalah rumah bagi para rambut, kulit kepala yang sehat akan menghasilkan rambut yang sehat pula. Selain itu, pijatan lembut juga akan memberikan efek relaksasi sehingga aliran darah akan lebih lancar di area rambut.
Menyisir juga akan membantu melancarkan aliran darah dari akar ke ujung rambut. Sisirlah rambut setiap sebelum keramas dengan sisir jarang. Setelah keramas, gunakan handuk lembut untuk mengeringkan secara alami.
Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan alat pengering rambut. Pengering rambut akan mengambil kelembaban rambut. Akibatnya rambut akan kering dan rapuh sehingga mudah sekali untuk rontok dan patah.  Bila terpaksa harus menggunakan pengering rambut tiap hari, gunakan produk pelindung rambut.
Hindari mengikat rambut dalam keadaan basah. Rambut basah akan rentan untuk rontok. Tunggulah hingga benar-benar kering. Gunakan sisir yang tepat dengan jenis rambut agar tidak merusak rambut saat menyisirnya. Misalnya untuk rambut keriting, gunakan sisir jarang agar tidak mudah kusut.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk merawat rambut selain menggunakan produk kesehatan dan perawatan rambut. Imbangi perawatan tersebut dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang baik untuk rambut. Sehingga hasil perawatan pun dapat menjadikan rambut lebih indah dan terhindar dari kerontokan.

0 komentar:

Posting Komentar