Guru Tulis

Apa Hubungan Stroke dan Brokoli?

Written By INFO UNIK DAN MENARIK on Rabu, 13 Juni 2012 | 08.16

Brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Menurut peneliti, zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli, berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri. Beberapa jenis tumbuhan lainnya yang juga mengandung zat kimia selain brokoli adalah kol bunga, tauge, kubis, dan pak choi.

Menurut peneliti, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi oleh protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung. Nrf2 pada arteri yang bengkok atau area percabangan arteri, menurut peneliti, akan diganggu oleh sebuah protein dari area tersebut. Hal ini akan membuat fungsi perlindungan dari Nrf2 tersebut tidak bekerja.

Tetapi, terang peneliti, sulforaphane terbukti bisa mengaktifkan kembali Nrf2 di area arteri yang berisiko tersebut dan mengembalikan kemampuan arteri untuk melindungi diri. Zat yang dihasilkan, menurut peneliti, bisa melindungi area yang bermasalah tersebut agar bebas dari penyakit untuk jangka waktu yang lebih lama. Peneliti menemukan bahwa lapisan dalam sel-sel pada percabangan dan arteri yang melengkung kekurangan bentuk Nrf2 yang aktif. Hal ini bisa menjelaskan mengapa area tersebut lebih berisiko mengalami peradangan dan penyakit. Pengobatan dengan komponen alami sulforaphane, terbukti mengurangi perdangan dengan cara mengaktifkan kembali Nrf2 di area yang sangat berisiko.

0 komentar:

Posting Komentar